Selasa, 25 Desember 2007

NABI ILYASA' AS

Ia putra dari paman Nabi Ilyas. Melaksanakan dakwah setelah Nabi Ilyas wafat. Karenanya dalam berdakwah ia berpegang pada syari'at dan metode nabi Ilyas. Al Qur'an tidak menguraikan tentang Nabi Ilyasa. Hanya dijelaskan.

"Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa, Dzulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik."(Q.S. Shaad : 48)

Nabi ini termasuk hamba Allah yang terbaik. Konon nabi inilah yang disebut dalam kitab Taurat. Di antara mukjizatnya adalah menghidupkan kembali orang yang telah mati.

Ilyasa adalah rasul dari kalangan Bani Israel dari garis keturunan yang sama dengan Musa, Harun serta Ilyas. Nama Ilyasa disebut dalam kisah Ilyas, saat rasul itu dikejar-kejar kaumnya dan bersembunyi di rumah Ilyasa. Maka besar kemungkinan Ilyasa juga tinggal di seputar lembah sungai Yordania. Ketika Ilyas bersembunyi di rumahnya, Ilyasa masih seorang belia. Saat itu ia tengah menderita sakit. Ilyas membantu menyembuhkan penyakitnya. Setelah sembuh, Ilyasa pun menjadi sahabat Ilyas yang selalu mendampingi untuk menyeru ke jalan kebaikan. Ilyasa melanjutkan tugas tersebut begitu Ilyas meninggal. Ilyasa kemudian mendapati bahwa manusia ternyata begitu mudah kembali ke jalan sesat. Itu terjadi tak lama setelah Ilyas wafat. Padahal masyarakat lembah sungai Yordania itu sempat mengikuti seruan Ilyas agar meninggalkan pemujaannya pada berhala. Pada kalangan itulah Ilyasa tak lelah menyeru ke jalan kebaikan. Dikisahkan bahwa mereka tetap tak mau mendengar seruan Ilyasa, dan mereka kembali menanggung bencana kekeringan yang luar biasa

7 komentar:

aguunx13 mengatakan...

makasih gan..?

nina mengatakan...

aKU BARU THU ADA Nabi Ilyasa yg kuketahui dulu @% Nabi dan Rosul tdk ada Nabi ILyasa. ternyata kisah ini ada tambahan Nabi ILyasa dan Nabi Zakaria dan Yang Nabi Yahya digabung jadi satu shg sama-sama @% OK lah kalao begitu ..

Unknown mengatakan...

Nabi Ilyasa as memang ada bukan sebuah penambahan.Coiba dihitung semuanya ada 25 termasuk nabi Zakaria dan Yahya secara terpisah.
Kisah Nabi Zakaria dan Yahya digabung mungkin karena memang mereka hidup 1 masa dan seperjuanagn dakwah.

Anonim mengatakan...

Thnx cerita'y kang...

Imam Fahrudin mengatakan...

maha besar Allah dengan segala Firman-Nya

Unknown mengatakan...

Dari kisah nabi ini. Saya ketahui yahudi israel muncul disaat salah penafsiran & membangkang ajaran nabi sulaiman

RoseSlot2020 mengatakan...

ฟรีเครดิต เล่นฟรี เล่นง่าย ได้จริง slot online
https://www.live22easy.com/